KEGIATAN “PELANTIKAN PENEGAK BANTARA” BERLANGSUNG LANCAR DAN SUKSES

12 Mei 2023

Dilaksanakan Pelantikan Penegak Bantara Pramuka di SMK PGRI 1 Tangerang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bpk. Drs. H. Aep Gumiwa, M.M. selaku Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Tangerang dan dihadiri pula oleh Waka. Bid. Kesiswaan Bpk. Drs. Agus Herawan, M.M dan Para Pembina di SMK PGRI 1 Tangerang.

Bpk. Drs H. Aep Gumiwa, M.M menyampaikan pengalaman dan motivasinya kepada siswa yang akan melaksanakan kegiatan ini. Pada amanat Kepala SMK PGRI 1 Tangerang menggaris bawahi pentingnya “Kualitas dari pada kuantitas” kemudian beliau menjelaskan bahwa pernah ada pada posisi siswa yang sedang melaksanakan kegiatan pada hari ini dengan mengikuti Raimuna Nasional Ke 4.

Harapan beliau semoga para siswa yang mengikuti ini dapat menjalankan kegiatan dengan sungguh sungguh dan penuh tanggung jawab agar kelak nilai nilai Kehidupan dapat mereka amalkan ketika kelak turun dimasyarakat.


Pelantikan Penegak Bantara merujuk pada proses resmi di dalam organisasi Gerakan Pramuka di Indonesia di mana anggota Pramuka yang berada di tingkat Penegak (usia remaja) menerima penugasan dan diakui sebagai anggota resmi Penegak Bantara. Penegak Bantara adalah tingkatan tertinggi di antara anggota Pramuka remaja sebelum mereka naik ke tingkat Dewasa.

Proses pelantikan Penegak Bantara melibatkan serangkaian upacara dan kegiatan yang melibatkan anggota Pramuka yang telah menyelesaikan persyaratan untuk mencapai tingkat Penegak Bantara. Beberapa persyaratan yang biasanya harus dipenuhi meliputi mempelajari dan menguasai berbagai materi dan keterampilan Pramuka, memimpin kelompok dalam kegiatan Pramuka, serta menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pramuka.

Pelantikan Penegak Bantara sendiri biasanya melibatkan upacara resmi di mana anggota Pramuka menerima tanda pengenal dan seragam Penegak Bantara. Upacara ini juga sering kali melibatkan pemberian sumpah dan janji Pramuka, di mana anggota Pramuka berjanji untuk mengamalkan Dasa Dharma Pramuka (sepuluh nilai Pramuka) dan melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai anggota Pramuka.

Dengan pelantikan Penegak Bantara, anggota Pramuka mencapai tingkat yang lebih tinggi dalam perkembangan pribadi dan kemampuan kepemimpinan mereka. Mereka juga menjadi contoh dan pemimpin bagi anggota Pramuka yang lebih muda

Adapun isi kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 13 Mei 2023 yg bertempat di SMK PGRI 1 Tangerang ini yaitu Penanganan Reptil, Vertikal Rescue, Pengembaraan, Pengisian SKU Dan diakhiri dengan pelantikan BANTARA pramuka SMK PGRI 1 Tangerang.

Sekian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *