KEGIATAN & EKSTRAKULIKULER

Panahan

Dalam Eskul Panahan, siswa akan belajar tentang berbagai teknik memanah seperti posisi tubuh yang benar, penggunaan busur, membidik, dan menembakkan anak panah dengan akurat

Futsal

Dalam Eskul Futsal, siswa akan belajar tentang berbagai teknik bermain futsal seperti passing, dribbling, shooting, dan positioning. Mereka juga akan belajar tentang strategi permainan, kerjasama tim, dan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Taekwondo

Siswa yang mengikuti program taekwondo di SMK akan belajar berbagai teknik dasar taekwondo seperti pukulan, tendangan, dan pertahanan diri. Selain itu, siswa juga akan dilatih untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan fleksibilitas tubuh mereka. Dalam program taekwondo di SMK, siswa juga akan diajarkan tentang nilai-nilai disiplin, kerja keras, ketekunan, kejujuran, dan sikap sportifitas yang penting dalam bela diri dan kehidupan sehari-hari. Siswa yang berhasil menyelesaikan program taekwondo di SMK dapat mengikuti ujian kenaikan tingkat dan mendapatkan sertifikat atau sabuk taekwondo.

Tari Traditional

tari tradisional memiliki tujuan untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya melalui seni tari. Dalam ekskul ini, para siswa akan belajar gerakan-gerakan khas, gaya, dan kostum yang terkait dengan tarian tradisional tertentu. Mereka juga akan mempelajari nilai-nilai dan makna di balik tarian tersebut.

Basket

Basketball atau bola basket adalah salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia, dan banyak SMK yang menyediakan program ekstrakurikuler basket untuk siswanya. Program ekstrakurikuler basket di SMK bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis, taktis, dan fisik siswa dalam bermain bola basket.

Pramuka

Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang cukup populer di banyak sekolah, termasuk SMK di Indonesia. Pramuka adalah organisasi kepanduan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan yang menantang dan memperluas wawasan mereka. Kegiatan pramuka di SMK meliputi banyak aspek, seperti kegiatan luar ruangan, pelatihan keterampilan, kegiatan sosial, dan pengembangan diri.

Bahasa Jepang

Banyak SMK di Indonesia yang menawarkan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan bahasa, seperti kelompok bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Kegiatan ekstrakurikuler bahasa di SMK bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa, memperluas wawasan mereka tentang budaya dan tradisi negara lain, dan meningkatkan kemampuan akademik mereka.

Pencinta Alam

fokus pada eksplorasi alam, konservasi lingkungan, dan pengembangan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Ekskul ini bertujuan untuk mengajarkan peserta tentang alam, memperkuat rasa cinta dan tanggung jawab terhadap lingkungan, serta mengembangkan keterampilan bertahan hidup di alam bebas.

OSIS

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah organisasi yang terdiri dari siswa-siswa di sebuah SMK atau sekolah lainnya. OSIS bertujuan untuk memperkuat keterlibatan siswa dalam kegiatan di sekolah dan memperkuat kepemimpinan dan keterampilan sosial mereka.

MPK

MPK (Majelis Perwakilan Kelas) adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sering ditemukan di banyak SMK di Indonesia. MPK merupakan organisasi yang terdiri dari perwakilan siswa dari setiap kelas di sebuah SMK dan bertujuan untuk memperkuat partisipasi siswa dalam kegiatan di sekolah.

PMR

kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang merupakan cabang remaja dari organisasi Palang Merah Indonesia. Ekskul PMR bertujuan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial, kemanusiaan, dan kepemimpinan siswa dalam memberikan pertolongan pertama, memberdayakan masyarakat, dan berkontribusi dalam upaya kemanusiaan.