Pembayaran Biaya Pendidikan Melalui Bank Syariah Mandiri

Pada hari ini, Jum’at, 8 Juni 2018, telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara SMK PGRI 1 Tangerang yang diwakili oleh bapak Drs. H. Aep Gumiwa MM dengan Bank Syariah Mandiri yang diwakili oleh bapak Agustiono Ferdianto. Dengan kerjasama ini, maka biaya pendidikan di SMK PGRI 1 Tangerang mulai bulan Juli 2018 sudah bisa dibayar melalui transfer bank. Sedangkan tunggakan-tunggakan di bulan sebelumnya (bila ada) diselesaikan secara offline melalui Tata Usaha dengan menghubungi bapak Ajid atau ibu Ine setiap jam kerja.

Saat ini sistem yang digunakan masih point to host. Namun ke depan, akan dijajaki sistem berupa host to host di mana SMK PGRI 1 Tangerang menyediakan sendiri infrastruktur yang meliputi server, akses internet, dan aplikasinya. Dengan kata lain, database sepenuhnya berada di pihak sekolah. Transaksi antara pengirim dana dengan pihak sekolah terjadi secara realtime. Saat ini transaksi masih menggunakan server dan aplikasi dari Bank. Namun demikian, pihak sekolah bisa memantau secara realtime dan setiap saat bisa mengunduh catatan transaksi.

Cara Pembayaran

Orang tua / wali murid bisa membayar tagihan melalui transfer antar Bank di ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking bank manapun yang sudah terhubung dengan ATM Bersama. Secara umum, langah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Dari Menu Utama, pilih menu Transfer atau Pemindahbukuan. Jangan memilih Pembayaran.
  2. Kemudian pilih Transfer Antar Bank bila anda menggunakan ATM selain milik Bank Syariah Mandiri (misalnya BRI, Bank Mega, BJB, dan sebagainyya). Bila anda menggunakan ATM milik Bank Syariah Mandiri, pilih menu Transfer Antar Rekening.
  3. Ketika ditanya nomor rekening, tuliskan nomor Virtual Account Siswa dengan format:
    451 900 3245 + Nomor Induk Siswa (NIS) sepanjang 7 digit.
  4. Selanjutnya saat ditanya jumlah yang akan ditransfer, silakan isi dengan angka berapa pun, tapi sebaiknya minimal Rp 50.000. Angka ini akan diabaikan, karena bank mendebit saldo sesuai yang ditagih.
  5. Muncul nama siswa dan jurusannya. Bila benar, silakan klik Benar atau Bayar.
  6. Saldo tabungan akan terpotong sebesar biaya yang ditagih + Rp 2000 + biaya transfer antar bank.
  7. Struk pembayaran sebaiknya disimpan / difotokopi.

Catatan:

Setiap siswa mendapat satu nomor Virtual Account yang unik, dengan format sebagai berikut:

451 adalah kode Bank Syariah Mandiri.
900 adalah kode BSM Pembayaran Institusi Pendidikan.
3245 adalah kode SMK PGRI 1 Tangerang.
7 digit berikutnya adalah Nomor Induk Siswa.

Misalnya, siswa bernama Upin Ipin mempunyai Nomor Induk Siswa 1234567, maka nomor Virtual Account-nya adalah: 45190032451234567

Bila transfer dilakukan dari ATM Bank Syariah Mandiri, maka jangan memilih Transfer Antar Bank tapi pilih Transfer Antar Rekening, dan kode 451 tidak perlu ditulis.

Cara Cek Pembayaran

Sebenarnya, setiap muncul tagihan baru dan setiap suatu tagihan telah dibayar lunas, orang tua siswa mendapat pemberitahuan otomatis melalui email. Tapi bila orang tua siswa belum mendaftarkan email, alternatif lain adalah melakukan pengecekan melalui alamat web:

https://www.pgri.sch.id/dukungan/spp

Ketik Nomor Induk Siswa dan Periode Tagihan yang ingin diketahui, kemudian klik “Tampilkan”.

Catatan

Awas penipuan. Jangan percaya terhadap penipu yang mengaku dari pihak sekolah lalu mengatakan bahwa nomor virtual account telah berubah. Untuk memastikan kebenarannya, bisa ditanyakan langsung ke sekolah di nomor 021-5523052.

Tags:

About The Author

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website ini meraih: Juara harapan 1 dalam Lomba Website SMK Tingkat Nasional tahun 2000 yang diadakan oleh Sekolah2000, APJII, dan Dikmenjur. (30 Oktober 2000). Juara 3 lomba situs web Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Panitia Harkitnas 2003 Kementerian Komunikasi dan Informasi. (17 Juni 2003).
+