SMK PGRI 1 Tangerang Goes To Smart School And Cyber School

Awal tahun ini SMK PGRI 1 Tangerang mulai menuju ke Smart School dan Cyber School. Persiapan telah digebér habis-habisan. Internét menggunakan dua penyedia jasa yaitu Indihome (100 Mbps) dan Biznet (40 Mbps). Sérver diletakkan di dalam sekolah maupun di luar negeri (Singapura) dengan menggunakan Virtual Private Server dari Vultr yang pamor dan kinerjanya tidak perlu diragukan lagi. Access Point disebar di berbagai titik, dari mulai ruang kelas, perpustakaan, bahkan sampai kantin, baik yang gratis disediakan sekolah maupun yang berbayar dari @Wifi.id. Pelatihan guru-guru untuk memanfaatkan IT terus dilakukan. Siswa mulai terbiasa menggunakan Moodle. Absensi juga telah menggunakan sidik jari yang kelak hasilnya dilaporkan kepada orang tua melalui aplikasi di ponsél bersistem operasi Android dan iOS.

Kelak, hampir seluruh administrasi dilakukan secara daring (online). Orangtua siswa dapat memantau nilai putra-putrinya dari rumah, SPP pun terpantau dengan jelas. Saat ini guru-guru sudah terbiasa saling mengirim file menggunakan email berdomain sekolah. Kelak, guru-guru pun dibiasakan memakai média penyimpanan di awan (cloud storage) dan saling berbagi file.

Lab Komputer kini semakin lengkap. Terdapat 3 lap komputer yang terbukti suksés dipakai untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer. Pekan depan, lab ini dipakai oléh sebuah SLTP juga untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Yang terbaru adalah radio sekolah. Radio ini bisa diaksés 24 jam nonstop, 7 hari dalam 1 pekan. Pada kegiatan tertentu, misalnya peringatan Isra’ Mi’raj, radio sekolah menyiarkan secara langsung.

Mémang masih banyak yang harus dibenahi. Namun ini lah saat terbaik untuk menuju perubahan besar. Satu lompatan kecil untuk masa depan yang lebih gemilang.

About The Author

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2019/2020Klik di Sini
+