Pengumuman Nilai Ujian Nasional 2016

Sending
User Review
3.75 (4 votes)

Tanggal 6 Méi 2016, menjelang tengah malam, siswa-siswi kelas 12 SMK PGRI 1 Tangerang mulai dag-dig-dug jantungnya. Bukan karena keréta kencana milik Cinderella akan berubah menjadi labu, melainkan karena tepat jam 00:00 nilai Ujian Nasional mulai bisa dilihat di website sekolah. Ini adalah tradisi yang telah berlangsung lama. Dimulai tahun 2000-an, saat puncak kejayaan warnét. Saat itu, para siswa kelas 12 SMK PGRI 1 Tangerang mendatangi warnét-warnét yang buka 24 jam hanya untuk melihat pengumuman Ujian Nasional. Sampai-sampai penjaga warnét hafal lalu menyapa: “Pasti murid SMK PGRI 1 ya?”

Itu 16 tahun yang lalu. Kini para siswa nyaris seluruhnya mempunyai smartphone. Bahkan banyak juga yang sudah memiliki laptop. Sehingga meréka tak perlu lagi keluar rumah untuk mencari warnét. Cukup dari dalam rumah, dan mengaksés website sekolah melalui smartphone-nya karena website kami sudah résponsif sehingga tetap nyaman dibaca walau pun dari layar smartphone.

LULUS 100%

Alhamdulillah, sebanyak 405 siswa SMK PGRI 1 Tangerang yang mengikuti Ujian Nasional dinyatakan lulus 100%. Beberapa siswa mampu meraih nilai 94 untuk bahasa Indonesia, 88 untuk bahasa Inggris, 80 untuk matematika, dan 88,9 untuk téori kejuruan.

DIDUKUNG LAYANAN WEB HOSTING SEKELAS HOTEL BINTANG LIMA.

Sebenarnya server pgri.sch.id sudah menggunakan spésifikasi lebih baik dari pada web hosting sekolah-sekolah lain pada umumnya. Didukung oléh média penyimpanan SSD dan CPU 8 core. Namun karena pengunjung terlalu banyak, sempat sekitar 15 menit server mengalami gangguan. Untunglah pihak web hosting sangat baik dengan menaikkan jumlah memori dan prosesor, sehingga akhirnya website pgri.sch.id dapat diakses secara lebih cepat. Terima kasih diucapkan kepada idCloudHost atas dukungannya yang sangat baik dan cepat, dan terlebih untuk mas Alfian Pamungkas Sakawiguna atas segala bantuan dan kesabarannya.

PLUGIN WORDPRESS.

Berbagai métode pernah kami tempuh. Dari mulai website dengan CMS buatan sendiri sampai aplikasi facebook. Kini kami kembali menggunakan website, namun bukan CMS buatan sendiri, melainkan WordPress. Dengan demikian, aplikasi yang dibangun harus disesuaikan dengan standar pembuatan plugin untuk WordPress. Total kode PHP yang dibuat adalah 942 baris, menggunakan pendekatan OOP dan memakai fungsi-fungsi standar WordPress dalam mengaksés database sehingga diharapkan lebih aman dari SQL injection.

Pengumuman nilai Ujian Nasional 2016 khusus untuk siswa-siswi SMK PGRI 1 Tangerang bisa diakses melalui URL https://pgri.sch.id/pengumuman/nilai-ujian-nasional/

INOVASI BARU: MELALUI TELEGRAM

pgriBotTelegram adalah layanan pesan instan berdasarkan cloud (cloud-based instant messaging service) yang diluncurkan bulan Agustus 2013. Setahun yang lalu, tepatnya di bulan Juni 2015, Telegram meluncurkan sebuah platform untuk para pengembang pihak ke 3 yang disebut Bot.

Tak mau ketinggalan teknologi, mulai Mei 2016 SMK PGRI 1 Tangerang memanfaatkan Bot sebagai penyampai nilai UN kepada siswa-siswinya. Siswa cukup memasang aplikasi Telegram pada smartphone-nya. atau membuka Telegram menggunakan web browser di laptopnya. Setelah itu siswa bisa menanyakan nilai UN-nya kepada Bot yang bernama @pgriBot dengan format: <nomor induk siswa> <tanggal lahir>

Atas inovasi ini, menjadikan SMK PGRI 1 Tangerang sebagai sekolah pertama di Indonésia yang mengumumkan Nilai Ujian Nasional melalui Bot pada aplikasi Messenger Telegram.

About The Author

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website ini meraih: Juara harapan 1 dalam Lomba Website SMK Tingkat Nasional tahun 2000 yang diadakan oleh Sekolah2000, APJII, dan Dikmenjur. (30 Oktober 2000). Juara 3 lomba situs web Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Panitia Harkitnas 2003 Kementerian Komunikasi dan Informasi. (17 Juni 2003).
+