Cara Membersihkan Virus Komputer

Sending
User Review
0 (0 votes)

Dari pengalaman saya sebagai guru komputer yang sering diminta membersihkan laptop siswa atau guru dari virus komputer, saya mendapat beberapa pengalaman yang semoga berguna bagi anda.

Membersihkan virus komputer adalah gampang-gampang susah. Dibilang gampang, karena kita hanya perlu mengunduh antivirus kemudian menjalankannya. Disebut susah, karena pada praktéknya tidak semudah itu. Seringkali virus menghalangi kita untuk membuka website antivirus, sedangkan website lain misalnya Yahoo atau Gmail diizinkan untuk diaksés.

Untuk mengetés apakah komputer anda terinféksi virus komputer, cobalah sekarang anda buka website https://www.yahoo.com. Bisa? Bila bisa, sekarang cobalah buka website https://www.avast.com, http://www.bitdefender.com, atau http://www.pandasecurity.com. Bila tiga URL terakhir tidak bisa dibuka, hampir dapat dipastikan bahwa pada komputer anda sedang aktif virus yang mencegah anda mengunduh antivirus.

Lalu bagaimana cara mengunduh antivirus bila komputer anda tidak bisa terhubung ke website penyedia antivirus? Ada dua cara, yaitu gunakan komputer lain yang bébas virus untuk mengunduh antivirus, kemudian bakar ke CD, setelah itu masukkan CD ke komputer anda dan jalankan program installernya.

Bila tidak ada komputer lain, alternatif ke dua adalah mengunduh antivirus PandaCloudCleaner.exe dari website kami. Pembuat virus kemungkinan besar belum mengetahui bahwa di website kami ada antivirus, sehingga website kami tidak diblok. Jangan khawatir, kami selalu mengkinikan file yang ada di website kami dengan file asli yang ada di website Panda Security setiap hari Sabtu, jam 00:00 wib, sehingga file yang kami miliki hanya tertinggal paling lama 1 pekan dengan vérsi terbaru. Selain itu, kemungkinan besar prosés unduh lebih cepat.

Setelah PandaCloudCleaner.exe selesai diunduh, jalankan dan biarkan dia memindai komputer lalu membersihkan virus yang berhasil didetéksi. Jangan lupa, setelah komputer bébas dari virus, pasang antivirus misalnya Windows Defender, Microsoft Security Essential, Avast atau Bitdefender. Empat antivirus ini gratis. Untuk pelengkap, boléh juga dipasang Smadav yang bisa diunduh di http://www.smadav.net. Ingat, pasang Smadav sebagai pelengkap. Jangan sebagai satu-satunya antivirus.

Unduh PandaCloudCleaner di:

  1. http://acs.pandasoftware.com/pandacloudcleaner/installers/master/PandaCloudCleaner.exe
  2. https://pgri.sch.id/files/PandaCloudCleaner.exe (mirror link, updated every week).

Catatan tambahan:

Ada beberapa orang yang mengeluh, komputernya sudah dipasangi antivirus tapi mengapa tetap bisa kena virus? Setelah dicék, ternyata antivirus yang terpasang bukanlah antivirus beréputasi baik. Sekedar info, ada beberapa programmer nakal yang pura-pura membuat antivirus, lalu merayu dengan berbagai macam tipuan agar kita terpancing untuk memasangnya. Setelah terpasang, antivirus tersebut berbohong bahwa di komputer kita ada sekian virus. Untuk menghapusnya, kita diminta membeli lisénsi.

Saran saya, gunakan antivirus yang beréputasi baik. Berikut ini daftar antivirus luar negeri yang bukan antivirus bohongan. Beberapa di antaranya adalah gratis. (Horé!).

Dalam negeri:

Mulai Windows 8, bila kita tidak memasang antivirus apapun, maka Windows Defender otomatis diaktifkan.

Tips lainnya:

  1. Bila ingin menggunakan Sistem Operasi Windows, gunakan Windows 8, Windows 8.1, atau Windows 10. Windows vérsi ini lebih sulit diserang virus. Sedapat mungkin jangan menggunakan Windows XP.
  2. Selalu lakukan update, baik terhadap Sistem Operasi, maupun terharap database virus, minimal seminggu sekali.
  3. Yang gratis tidak selamanya buruk. Antivirus gratis juga banyak yang bagus. Sisi baik dari antivirus gratis adalah tidak kadaluarsa. Beberapa laptop yang saya temui terpasang antivirus berbayar yang kadaluarsa, sehingga akhirnya masuklah virus.
  4. Untuk pengguna awam yang kurang faham tentang security, sebaiknya tidak tahu password Administrator. Biarlah orang lain yang lebih faham security yang tahu passwordnya. Seringkali malware menipu pengguna awam dengan pura-pura meminta pengguna menginstall driver tertentu, misalnya agar bisa memutar film. Bila user tahu password Administrator, maka malware akan terpasang. Saya pernah melihat suatu komputer yang terinstall belasan adware gara-gara pengguna tersebut sering browsing Internét dan tahu password Administrator.
  5. Linux dan Mac OS mémang lebih sulit ditembus malware, namun hanya cocok bagi meréka yang suka ngoprék komputer. Pengguna awam merasa lebih cocok menggunakan Windows. Di Windows banyak terdapat aplikasi-aplikasi bagus yang sulit ditemui di Linux dan tidak bisa berjalan di Wine. Contoh paling mudah adalah aplikasi macro pengolah nilai siswa yang berjalan di Microsoft Excel. Selama kita berhati-hati, sebenarnya Windows bukanlah sistem operasi yang buruk. Catatan untuk aktivis Linux: Saya pengguna aktif Linux Kubuntu dan Mac OS X lho. Pernah merasakan capék-capék menginstall Linux, setelah beberapa bulan diam-diam diganti Windows. Mac OS juga sebenarnya bagus. Sangat bagus malah. Tapi harga laptopnya mahal. “Mending dibeliin motor,” kata temanku.
  6. Untuk lab komputer, sebaiknya dipasang Deepfreeze atau yang sejenis dengan itu (Time Machine, Shadow Defender, Returnil, Rollback RX, Reboot Restore RX, dan Drive Vaccine) dan jangan sediakan drive D: untuk menyimpan data. Mintalah siswa menyimpan data di flash drive masing-masing.
  7. Pengguna awam sebaiknya diajari hal-hal keamanan yang mudah, misalnya jangan melakukan klik ganda (double klik) pada folder di flash drive. Sebagai gantinya, lakukan klik pada panél sebelah kiri (struktur diréktori). Demikian pula halnya untuk membuka dokumén. Lebih baik klik kanan lalu pilih “Open with” dari pada klik ganda yang ternyata adalah virus shortcut.
Tags:

About The Author

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website ini meraih: Juara harapan 1 dalam Lomba Website SMK Tingkat Nasional tahun 2000 yang diadakan oleh Sekolah2000, APJII, dan Dikmenjur. (30 Oktober 2000). Juara 3 lomba situs web Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Panitia Harkitnas 2003 Kementerian Komunikasi dan Informasi. (17 Juni 2003).
+