Juara Umum The Most Talent

Sending
User Review
0 (0 votes)

Kali ini seputar kemenangan SMK PGRI 1 Tangerang di acara The Most Talent. Acara perlombaan antar SMA/SMK/Sederajat se-Tangerang Raya ini melibatkan hampir seluruh ekstrakurikuler kesenian dari tiap-tiap sekolah. Acara perlombaan ini bertempat di Tangerang City Mall dan berlangsung sejak September 2013 hingga Agustus 2014. Perlombaan ini tersusun atas 7 kategori, diantaranya:

  1. Kategori Tari Tradisional
  2. Kategori Modern Dance
  3. Kategori Vokal
  4. Kategori Musik Perkusi
  5. Kategori Atraksi
  6. Kategori Hiburan
  7. Kategori Face & Fashion

The Most Talent ini terbagi menjadi 3 babak, yaitu: “The Beginning”, “The Selection”, dan “The Final”. Alhamdulillah, SMK PGRI 1 Tangerang berhasil lolos dari ketiga babak tersebut.
Di babak “The Beginning”, SMK PGRI 1 Tangerang bertemu dengan puluhan sekolah, namun banyak yang gugur lalu pada babak “The Selection”, SMK PGRI 1 Tangerang bertemu hanya dengan 6 sekolah.  Kemudian tiba di babak “The Final”, SMK PGRI 1 Tangerang bertemu dengan 2 sekolah yaitu, SMK Negri 1 Tangerang dan SMK Nusantara 1 Tangerang.
Di babak “The Final” ketiga sekolah wajib menyajikan 7 kategori dalam satu konsep, satu tema, satu kesatuan. Konsep dari masing-masing sekolah tersebut adalah:

  • SMK PGRI 1 Tangerang “Warung Bajigur”
  • SMK Negri 1 Tangerang “Roman Batik”
  • SMK Nusantara 1 Tangerang “Betawi”

Konsep bertajuk “Warung Bajigur” ini yang diusung oleh Pembina Kesenian SMK PGRI 1 Tangerang, yaitu Bpk. Ali Ramdani, diperankan oleh Tim Smegita:

  • OSIS/Official
  • Alumni 2014 Siva Apridha dan Muhammad Valient Akbar sebagai MC setia
  • Marawis Smegita
  • Teater Smegita & Alumni 2014 Agung Bintang (Stand Up Comedy)
  • Saman Smegita
  • Kelompok Tari Kolosal XII TKJ
  • Modern Dance Smegita
  • Wushu Smegita
  • Cosplay Smegita & Fashion Show
  • Beatbox, Vokal Grup, Padus Smegita

Menceritakan tentang Warung Bajigur milik Ce’ Onah di sebuah Desa. Warga yang tinggal di sekeliling Warung Bajigur hidup begitu akrab dan ramah, suasana pada konsep “Warung Bajigur” tersebut benar-benar dibuat nyata menggambarkan kehidupan di sebuah desa. Mulai dari Pak Lurah yang tampil begitu gagah senang sekali dengan banyolan dan pantun, gadis-gadis modern dari desa yang senang sekali menari ala kota, para lelaki slengek’an yang senang membawakan tarian daerah, lalu acara hajat yang begitu terasa keasliannya yang disajikan oleh Teater Smegita dan Marawis Smegita, dll.

Survey dari beberapa penonton (siswa/i SMK PGRI 1 Tangerang maupun di luar itu) mereka begitu senang  dan merasa terhibur menikmati sajian “Warung Bajigur” persembahan dari Tim Smegita, walaupun tak dipungkiri Tim Smegita menjadi nervous saat melihat sajian dari dua sekolah lainnya yang tak kalah bagus, rapi, menarik dan menghibur. Namun jauh dari hal tersebut, dukungan dari keluarga besar SMK PGRI 1 Tangerang lah yang membuat Tim Smegita untuk tetap optimis dalam menghadapi perlombaan tersebut, intinya mereka sudah melakukan yang terbaik tak hanya di hari final, melainkan dalam tempo waktu 1 tahun (September 2013-Agustu 2014).

Dan akhirnya, yang tak disangka-sangka SMK PGRI 1 Tangerang berhasil membawa pulang Juara Kategori Tari Tradisional, mendapatkan hadiah senilai Rp. 2.000.000,-. Sungguh bahagia dan bangga SMK PGRI 1 Tangerang berhasil memenangkan Juara Kategori Tari Tradisional, terutama Kelompok Tari Kolosal XII TKJ yang mewakilinya pada hari final tersebut. Namun ada yang lebih membahagiakan sekaligus membanggakan SMK PGRI 1 Tangerang yaitu, berhasil membawa pulang Juara Umum dengan hadiah Rp. 10.000.000,-. Sehingga total hadiah yang diperoleh adalah Rp. 12.000.000,-. Spontan tangisan bahagia tumpah dari warga SMK PGRI 1 Tangerang pada hari final The Most Talent (31 Agustus 2014). Siswa/i, Bapak-Ibu Kantin, Staff-Dewan Guru, Bapak Wakil Kepala Sekolah hingga Bapak Kepala Sekolah begitu bahagia dan bangga melihat perjuangan Tim Smegita hingga sampai di titik final dan berhasil memenangkannya.

Rasa kesal, emosi, lelah, letih dari Tim Smegita selama perjuangannya, tertutup sudah oleh rasa lega, tangis bahagia, dan bangga. Sungguh 31 Agustus 2014 menjadi hari paling bersejarah yang tak dapat dilupakan untuk keluarga besar SMK PGRI 1 Tangerang. Harapan kedepannya, semoga bisa terus mempertahankan prestasi yang ada bahkan seharusnya bisa lebih baik, sesuai dengan motto SMK PGRI 1 Tangerang “Tiada Hari Tanpa Prestasi”.

About The Author

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.